Jadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini !

Sabtu, 30 Maret 2013

Kuliah sambil kerja ? Mengapa tidak ?


PENDAHULUAN
Setelah kita lulus SMA biasanya kita akan berpikir apakah akan melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi atau ingin bekerja terlebih dahulu. Keputusan itu memang harus dipikirkan matang-matang sebelum kita putuskan. Jika memang ingin melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi pasti kita mencari perguruan tinggi yang berkualitas dan tentunya yang terbaik untuk kita. Dan yang ingin bekerja pasti kita sudah menyiapkan lamaran pekerjaan dan syarat-syarat lainnya untuk dikirim ke perusahaan-perusahaan.  Keduanya menurut saya baik dan keputusan itu tergantung dari pribadi setiap orang yang akan menjalankannya.
Tapi jika kita ingin kedua-duanya bersamaan yaitu ingin bekerja sambil kuliah ? Bagaimana ?    

PEMBAHASAN
Bagi yang ingin kuliah sambil bekerja menurut saya adalah keputusan yang luar biasa. Dimana kita tetap bisa melanjutkan pendidikan dan kebutuhan finansialpun terpenuhi. Memang tidak mudah menjalani 2 peran sekaligus yaitu sebagai karyawan dan sebagai mahasiswa. Pasti di tengah perjalanan ada hal hal yang harus di prioritaskan terlebih dahulu antara bekerja dan kuliah. Selain itu banyak konsekuensi yang harus siap kita jalani. Mungkin diantaranya yaitu waktu istirahat kita berkurang, waktu untuk refreshing bersama keluarga,sahabat,atau teman pun menjadi sedikit, sulit membagi waktu antara tugas kantor dan tugas kampus dan masih banyak yang lainnya. Tetapi  jika kita tetap konsisten menjalani 2 kegiatan tersebut dan sungguh-sungguh menjalaninya hal-hal yang menggangu pasti bisa kita atasi. Tapi tidak hanya itu saja, banyak keuntungan yang akan kita dapatkan jika kita kuliah sambil bekerja, yaitu :
a.      Kita sudah memiliki pengalaman bekerja untuk referensi  melamar di perusahaan yang lain dibandingkan  seseorang yang masih fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, itu akan menjadi nilai plus untuk kita
b.      Kita dapat mengetahui lingkungan kerja seperti apa dan bagaimana agar kita tidak kaget jika memasuki lingkungan kerja yang baru
c.       Tentunya kita akan mempunyai teman baru di lingkungan kerja
d.      Mempunyai penghasilan sendiri
Ada tips untuk yang menjalani kuliah sambil bekerja yang saya kutip dari http://kampus.okezone.com/ yaitu :
a.      Mintalah bantuan dari keluarga dan teman.
Ini diperlukan agar mereka mendukung studi yang kamu jalani. Bicaralah dengan keluarga, pasangan, dan teman sebelum memulai kuliah dan pastikan mereka mengerti mengapa hal ini sangat penting. Dengan begitu, mereka akan paham bahwa kamu tidak memiliki cukup banyak waktu seperti yang mereka inginkan.
b.      Bicarakan dengan bos dan rekan kerja.
Jika kamu kuliah dengan biaya perusahaan, melakukan hal ini bisa membuat atasan mempertimbangkan beban kerja untuk kamu. Kamu juga bisa meninggalkan pelatihan yang diwajibkan perusahaan. Namun, jika kamu kuliah atas inisiatif sendiri, berbicara dengan atasan berguna untuk memberitahu rencana dan tujuanmu. Ini akan memberikan kamu dukungan dan pemahaman yang lebih baik.
c.       Maksimalkan waktumu.
Gunakan waktu yang kamu punya sebaik mungkin. Meski sibuk, faktanya setiap individu memiliki periode dalam sehari, yang merupakan masa paling produktif. Kamu bisa membaca bahan kuliah dalam perjalanan menuju tempat kerja, jika menggunakan transportasi umum. Kamu juga tetap bisa menghabiskan waktu untuk hiburan seperti menonton TV, film atau kegiatan lainnya. Tapi, lakukan hanya untuk hal-hal yang kamu minati.
d.      Cari tahu kekuatanmu.
Tiap orang memiliki gaya belajar berbeda. Yang efektif untuk orang lain, belum tentu baik untuk kamu. Jika kamu merasa lebih baik belajar di pagi hari, sisihkan waktu satu jam sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu untuk belajar. Konsentrasi siswa juga bervariasi. Jadi ingatlah untuk memaksimalkan kegiatan belajar, baik dalam waktu pendek atau panjang. Kuncinya adalah menemukan apa yang cocok untuk kamu dan rencanakan waktu dengan tepat.
e.      Buat zona studi.
Hal ini membuat kamu memiliki area khusus untuk belajar. Jika di rumah ada kamar kosong, kamu bisa sulap untuk jadi tempat belajar. Kamu juga bisa menyelipkan sebuah meja di sudut ruang tamu. Atau jika kamu lebih suka belajar di luar rumah, belajarlah di kafe yang tenang atau perpustakaan umum. Intinya, di manapun berada, ciptakan perbedaan antara waktu belajar dan sisa hari. Ini akan mengaktifkan otak kamu dan mendapatkan mood untuk belajar.
f.        Cari teman belajar.
Menetapkan tujuan dengan sesama mahasiswa bisa menjadi cara untuk mengatasi hambatan kuliah dan meningkatkan motivasi. Menjalin pertemanan dengan orang baru merupakan bonus tambahan dalam pembelajaran orang dewasa. Kamu juga bisa mengikuti grup kuliah di internet.

KESIMPULAN

Memang, menjalani kuliah sambil bekerja merupakan hal yang sulit. Namun setelah dijalani, kita akan mengetahui bahwa hal ini tidak sesulit yang kita bayangkan. Karena saya sendiripun menjalani kuliah sambil bekerja. Rasa lelah itu pasti kita rasakan jika bekerja sambil kuliah belum lagi hal hal lain yang mengganggu, tapi itu akan bisa kita atasi dengan tetap konsisten membagi waktu dan sungguh-sungguh menjalaninya serta tak lupa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar semua yang kita lakukan menjadi baik dan bermanfaat untuk kita.


Referensi :  http://kampus.okezone.com/read/2011/05/03/370/452780/tips-kuliah-sambil-bekerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar