Jadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini !

Selasa, 15 Oktober 2013

ETIKA BISNIS



BAB I
PENDAHULUAN TEORITIKA ETIKA BISNIS
 1.  Teori Pengertian Etika
Etika berasal dari bahasa Yunani ethos (ta etha) yang berarti “adat istiadat” atau “kebiasaan”. Dalam pengertian ini etika berkaitan dengan kebiasaan hidup yang baik, baik pada diri seseorang maupun masyarakat atau kelompok masyarakat. Ini berarti etika berkaitan dengan nilai-nilai, tata cara hidup yang baik, aturan hidup yang baik, dan segala kebiasaan yang di anut dan di wariskan dari satu orang ke orang lain.
a.      Norma Umum
Terbagi menjadi 3 yaitu : 
-          Norma Sopan Santun,  atau disebut juga norma etiket, adalah norma yang mengatur pola perilaku dan sikap lahiriyah manusia, misalnya menyangkut sikap dan perilaku seperti bertamu, makan dan minum, berpakaian, dsb.

-          Norma Hukum, adalah norma yang dituntut keberlakuannya secara tegas oleh masyarakat karena dianggap perlu dan niscaya demi keselamatan dan kesejahteraan manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Norma ini lebih tegas dan pasti, karena ditunjang dan dijamin oleh hukuman atau sanksi bagi pelanggarnya.

-          Norma Moral, yaitu aturan mengenai sikap dan perilaku manusia sebagai manusia. Norma ini menyangkut tentang baik buruknya, adil tidaknya tindakan dan perilaku sejauh ia dilihat sebagai manusia. Norma moral lalu menjadi tolak ukur yang dipakai oleh masyarakat untuk menentukan baik buruknya tindakan dan perilaku manusia.

b.      Teori Etika Dentologi
Dentologi berasal dari bahasa Yunani deon, yang berarti kewajiban. Karena itu, etika dentologi menekankan kewajiban manusia untuk bersikap secara baik. Suatu tindakan itu baik bukan dinilai dan dibenarkan berdasarkan akibat atau tujuan baik dar tindakkan itu, melainkan berdasarkan tindakan itu sendiri sebagai baik pada dirinya sendiri. Dengan kata lain tindakan itu bernilai moral karena tindakan itu dilaksanakan berdasarkan kewajiban yang memang harus dilaksanakan terlepas dari tujuan atau akibat dari tindakan itu.

c.        Teori Etika Teleologi
Etika Telelogi mengukur baik buruknya suatu tindakan berdasarkan tujuan yang dicapai dengantindakan itu, atau berdasrkan akibat yang ditimbulkan oleh tindakan itu. Suatu tindakan dinilai baik, kalau bertujuan mencapai sesuatu yang baik, atau kalau akibat yang ditimbulkannya baik dan berguna.

2.    Bisnis Sebuah Profesi Etis
  
a.        Etika terapan
Memiliki ruang lingkup yang luas, karena hampir setiap bidang kehidupan dan kegiatan  manusia dapat mempunyai etika khusus atau etika terapannya sendiri-sendiri. Etika khusus lalu dibagi lagi menjadi tiga, yaitu etika individual, etika sosial, dan etika lingkungan hidup

b.        Etika Profesi
Profesi dapat dirumuskan sebagai pekerjaan yang dilakukan sebagai nafkah hidup dengan mengandalkan keahlian dan keterampilan yang tinggi dan dengan melibatkan komitmen pribadi yang mendalam. Dengan demikian orang professional adalah orang yang melakukan suatu pekerjaan purna waktu dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan keahlian dan keterampilang yang tinggi serta mempunyai komotmen pribadi yang mendalam atas pekerjaan itu. Pekerjaannya membentuk identitas dan kematangan dirinya, dank arena itu dirinya berkembang bersama dengan perkembangan dan kemajuan pekerjaannya itu.
 
c.        Menuju Bisnis Sebagai Etika yang Luhur
Bisnis adalah kegiatan seseorang yang dilakukan untuk mencari   , keuntungan upaya untuk membangun bisnis sebagai profesi yang luhur adalah dengan membentuk, mendukung dan memperkuat organisasi profesi.Melalui organisasi profesi tersebut bisnis bisa dikembangkan sebagai sebuah profesi dalam pengertian sebenar-benarnya sebagaimana dibahas disini, kalau bukan menjadi profesi luhur.


BAB II
BISNIS DAN ETIKA

A.            Mitos Bisnis Amoral

Mitos bisnis amoral mengungkapkan suatu keyakinan bahwa antara bisnis dan moralitas atau etika tidak ada hubungan sama sekali. Bisnis tidak punya sangkut paut dengan etika dan moralitas. Keduanya adalah dua bidang yang terpisah satu sama lain. Etika justru bertenatangan dengan bisnis yang ketat, maka orang bisnis tiak perlu memperhatikan imbauan-imbauan, norma-norma dan nilai-nilai moral.
-Bisnis memang sering diibaratkan dengan judi bahkan sudah dianggap sebagai semacam judi atau permainan penuh persaingan yang ketat.
-Tidak sepenuhnya benar bahwa sebagai sebuah permainan (judi).
-Harus dibedakan antara legalitas dan moralitas
-Etika harus dibedakan dari ilmu empiris.
-Pemberitaan, surat pembaca, dan berbagai aksi protes yang terjadi dimana-mana untuk mengecam berbagai pelanggaran dalam kegiatan bisnis, atau mengecam kegiatan bisnis yang tidak baik, menunjukkan bahwa masih banyak orang dan kelompok masyarakat menghendaki agar bisnis dijalankan secara baik dan tetap mengindahkan norma-norma moral




B.         Keutamaan Etika bisnis

1. Dalam bisnis modern, para pelaku bisnis dituntut untuk menjadi orang-orang profesional di bidangnya. Perusahaan yang unggul bukan hanya memiliki kinerja dalam bisnis,manajerial dan finansial yang baik akan tetapi juga kinerja etis dan etos bisnis yang baik.
2. Dalam persaingan bisnis yang sangat ketat,maka konsumen benar-benar raja Kepercayaan konsumen dijaga dengan memperlihatkan citra bisnis yang baik dan etis.
3. Dalam sistem pasar terbuka dengan peran pemerintah yang menjamin kepentingan dan hak bagi semua pihak, maka perusahaan harus menjalankan bisnisnya dengan baik dan etis

C.         Sasaran dan Lingkup Etika Bisnis

1. Etika bisnis bertujuan untuk menghimbau pelaku bisnis agar menjalankan bisnisnya secara baik dan etis
2. Untuk menyadarkan masyarakat khususnya konsumen, buruh atau karyawan dan masyarakat luas akan hak dan kepentingan mereka yang tidak boleh dilanggar oleh praktek bisnis siapapun juga
3. Etika bisnis juga berbicara mengenai sistem ekonomi yang sangat menentukan etis tidaknya suatu praktek bisnis

D.         Prinsip-prinsip Etika Bisnis

1. Prinsip otonomi
Otonomi adalah sikap dan kemampuan manusia untuk mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadaran sendiri tentang apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan.
2. Prinsip Kejujuran
a. Kejujuran dalam pemenuhan syarat-syarat perjanjian dan kontrak
b. Kejujuran dalam penawaran barang dan jasa dengan mutu dan harga sebanding
c. Kejujuran dalam hubungan kerja intern dalam suatu perusahaan
3. Prinsip Keadilan
Prinsip keadilan menuntut agar setiap orang diperlakukan secara sama sesuai dengan aturan yang adil dan sesuai dengan kriteria yang rasional objektif dan dapat dipertanggung jawabkan 

E.         Etos Kerja
      Etos Kerja sebenarnya istilah populer untuk “selera bekerja” yang terdiri dari :
- Semangat (spirit)
- Self esteem (harga diri)
- Trust (keyakinan)
Beberapa prinsip etos kerja :
            Kerja adalah Rahmat
            Kerja adalah Amanah
            Kerja adalah Panggilan
            Kerja adalah Aktualisasi
            Kerja adalah Ibadah
            Kerja adalah Seni
            Kerja adalah Kehormatan
            Kerja adalah Pelayanan


F.        
Realisasi Moral Bisnis
Etika merupakan ilmu tentang norma-norma, nilai-nilai dan ajaran moral, sedangkan moral adalah rumusan sistematik terhadap anggapan-anggapan tentang apa yang bernilai serta kewajiban-kewajiban manusia. Moral (Bahasa Latin Moralitas) adalah istilah manusia menyebut ke manusia atau orang lainnya dalam tindakan yang memiliki nilai positif.


 
 
G.        
Pendekatan-pendekatan Stockholder
Perusahaan berdiri dan berkembang dalam masyarakat tentunya tidak hanya mulus dan tanpa adanya masalah dalam keseharian berjalannya perusahaan. Terkadang timbul tekanan tekanan baik dari luar perusahaan ataupun dari dalam perusahaan. Tekanan ini sifatnya tidak selalu buruk, terkadang tekanan justru memberikan peluang bagi perusahaan untuk terus berkembang dan membesarkan perusahaan. 
Menurut Rhenald Kasali dalam bukunya Manajemen Public Relations “Stakeholders adalah setiap kelompok yang berada di dalam maupun luar perusahaan yang mempunyai peran dalam menentukan perusahaan. Stakeholders bisa berarti pula setiap orang yang mempertaruhkan hidupnya pada perusahaan. Penulis manajemen yang lain menyebutkan bahwa stakeholders terdiri atas berbagai kelompok penekan (pressure group) yang mesti di pertimbangkan perusahaan”.


Bab III

ETIKA UTILITARIANISME DALAM BISNIS


A.             Kriteria dan Prinsip Etika Utilitarianisme
Aliran utilitarianisme ini berakar pada ajaran tentang kegunaan atau utility, yang menyatakan, bahwa : baik atau buruk sebuah tindakan diukur dari apakah tindakan itu menghasilkan tingkat kesenangan atau kebahagian yang terbanyak, dengan pengorbanan yang paling sedikit.
Istilah utilitarianisme sebagai suatu nama aliran yang berasal dari kata latin utilis yang berarti berguna. Aliran utilitarianisme ini terbagi antara lain aliran act utilitarianism serta rule utilirianism yang sering diterjemahkan sebagai ‘Utilitarianisme tindakan dan ‘Utilitarianisme peraturan’
Prinsip- prinsip aliran utilitarianisme, menurut Jeremy Bentham (1748-1832) didasarkan kepada dua prinsip, yaitu :
-       asosiasi (association principle) serta
-       kebahagiaan terbesar (greatest happiness principle).
Bagi Bentham, prinsip kebahagiaan terbesar secara singkat terjadi jika :
“An action is right from an ethnical point of view if and only if the sum total of utilities produced by the act is greater than tha sum of total utilities produced by nay other act the agent could have performed in its place”.
Apa-apa “yang baik” merupakan kesenangan buruk” adalah rasa sakit. Tindakan “yang baik” secara etika mengacu pada kebijakan dan kebahagiaan, sedangkan “yang menghasilkan kebahagiaan terbesar.
Bentham berkeinginan untuk mencari kesamaan mendasar guna mampu memberikan landasan objektif atas semua norma yang berlaku secara umum serta yang daopat dietrima oleh masyarakat luas. Caranya ialah dengan menimbang segi-segi manfaat dibandingkan dengan kerugian setiap tindakan.
Tokoh lain dari aliran utulitarianesme adalah John Stuart Mill (1806-1973), seorang pengikut sekaligus pewaris yang meneruskan pemikiran Bentham. Tema sentral dari pemikiran Mill ialah, bahwa tugas utama seseorang adalah untuk tidak menimbulkan derita bagi sesama manusia.
Mill menyatakan, bahwa akumulasi asset perlu diikuti oleh distribusi asset pula demi kebaikan masyarakat. Jika diperlukan, distribusi asset dapat dipaksakan oleh masyarakat melalui penggunaan pajak, atau penyitaan asset sekalipun. Hanya Mill tidak menerangkan hubungan antara distribusi dengan produksi, khususnya alat-alat produksi, yang kemudian dikembangkan oleh Karl Marx. Terlepas dari kekurangan ataupun kekeliruannya, Mill merupakan pemikir yang secara tegas meghubungkan (dalam Principles) utilitarianisme.
Apabila aliran utilitarianisme hedonis menitikberatkan ajaran mereka pada kesenangan dan kebahagian perorangan sebagai tolak ukur, maka aliran utilitarianesme Bentham, Mill dan kemudian Henry Sidgwick (1838-1900), menggeluti pemikiran mereka tentang Kebahagian individu?. Mereka berpendapat bahwa merupakan tugas individu, atau perorangan, untuk meningkatkan kebahagian masyarakat secara universal, bukan hanya kebahagian perorangan saja.
Prinsip utilitarianisme pun dapat menjelaskan mengapa perbuatan seperti membunuh, berdusta, selingkuh dianggap secara moral adalah salah, sedang beberapa tindakan lain seperti berterus-terang, kesetiaan, tepat janji merupakan hal-hal yang benar. Jika orang berdusta ia merugikan masyarakat karena menebarkan rasa saling tidak percaya diantara masyarakat sedangkan jika ia berbuat benar maka terciptalah iklim saling percaya, saling membantu yang mampu memperbaiki kualitas hidup manusia dalam sebuah masyarakat yang tertib serta rapih.
Utilitarianisme sangat berperan dalam Ilmu ekonomi dan bisnis, sejak awal abad ke XIX, banyak pakar ekonomi berpendapat perilaku ekonomi dapat dijelaskan melalui asumsi, bahwa manusia senantiasa berusaha untuk memaksimalkan manfaat dirinya sendiri maupun kinerjanya, sedangkan nilai manfaat diukur dari harga yang diperoleh.
Prinsip Utilitarianisme juga sangat cocok dengan konsep yang sering terjadi dalam tujuan bisnis yaitu efisiensi. Efisiensi terjadi jika maksimalisasi produksi dapat dicapai lewat pemanfaatan sumber daya yang ada tanpa memerlukan penambahan asset apapun. Kegiatan dinilai efisien apabila hasilnya sesuai dengan yang telah direncanakan dengan mengunakan sumber daya yang ada seminimal mungkin. Dengan menggunakan semboyan kelompok utilitarianisme, efisiensi merupakan hasil berupa manfaat (benefit) yang sebesar-besarnya dengan menggunakan cost yang serendah-rendahannya, seperti yang dijabarkan oleh ilmu ekonomi secara umum.

B.             Nilai Positif Etika Utilitarianisme
Maksud Asas Manfaat atau Kegunaan, kata Bentham, ialah asas yang menyuruh setiap orang untuk melakukan apa yang menghasilkan kebahagiaan atau kenikmatan terbesar yang diinginkan oleh semua orang untuk sebanyak mungkin orang atau untuk masyarakat seluruhnya. Oleh karena itu, menurut pandangan utilitarian, tujuan akhir manusia, mestilah juga merupakan ukuran moralitas. Dari sini, muncul ungkapan ‘tujuan menghalalkan cara’. Nilai Positif Etika Utilitarianisme antara lain :
• Pertama, Rasionalitas.
Prinsip moral yang diajukan etika utilitarianisme tidak didasarkan pada aturan-aturan kaku yang tidak dipahami atau tidak diketahui keabsahannya. Etika utilitarianisme memberikan kriteria yang objektif dan rasional.
• Kedua, Utilitarianisme sangat menghargai kebebasan setiap pelaku moral.
Tidak ada paksaan bahwa orang harus bertindak dengan cara tertentu yang tidak diketahui alasannya.
• Ketiga, Universalitas.
Mengutamakan manfaat atau akibat dari suatu tindakan bagi banyak orang. Suatu tindakan dinilai bermoral apabila tindakan tersebut memberi manfaat terbesar bagi banyak orang.

C.             Utilitarianisme Sebagai Proses dan standar Penilaian
1.                  sebuah penilaian mengenai kesejahteraan manusia, atau utiliti, dan
2.                  sebuah petunjuk untuk memaksimalkan kesejahteraan (utiliti), yang didefinisikan sebagai, memberikan bobot yang sama pada kesejahteraan orang per-orang.

D.             Analisa Keuntungan dan Kerugian
Utilitarianisme mengatakan bahwa tindakan yang benar adalah yang memaksimalkan utiliti, yaitu memuaskan preferensi yang berpengetahuan sebanyak mungkin.
Dalam pandangan kaum utilitarian-aturan, perilaku tak adil dalam mendeskriminasi kelompok-kelompok minoritas menyebabkan meningkatnya ketakutan pihak lain dengan mengalami aturan yang mengijinkan diskriminasi.
Keuntungan dan kerugian, cost and benefits, yang dianalisis tidak dipusatkan pada keuntungan dan kerugian perusahaan. Analisis keuntungan dan kerugian tidak ditempatkan dalam kerangka uang dan untuk jangka panjang.

E.              Kelemahan Etika Utilitarianisme
• Manfaat merupakan konsep yang begitu luas sehingga dalam kenyataan praktis akan menimbulkan kesulitan yamg tidak sedikit.
• Tidak pernah menganggap serius nilai suatu tindakan pada dirinya sendiri dan hanya memperhatikan nilai suatu tindakan sejauh berkaitan dengan akibatnya.
• Tidak pernah menganggap serius kemauan baik seseorang
• Variabel yang dinilai tidak semuanya dapat dikualifikasi.
• Seandainya ketiga kriteria dari etika utilitarisme saling bertentangan, maka akan ada kesulitan dalam menentukan prioritas di antara ketiganya.



Sumber :
http://pemahamanetika1.blogspot.com/2013/10/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html
http://afriwansinaga.blogspot.com/2012/11/pendahuluan-teoritika-etika-bisnis.html
http://yantifitriyani.blogspot.com/2013/10/pendahuluan-teoritika-etika-bisnis.html
http://spidolbekas.wordpress.com/tag/pendahuluan-teoritika-etika-bisnis/

Kamis, 06 Juni 2013

BAGIAN-BAGIAN SURAT RESMI (TUGAS SOFTSKIL BAHASA INDONESIA 2 )

BAGIAN-BAGIAN SURAT RESMI
 
Nama Kelompok :

1. Ahmad Budi      (10210357)
2. Ineu Maelani    (13210547)

1)      Kepala atau kop surat
Kepala surat umumnya mencantumkan identitas lembaga organisasi yang terdiri atas:
a. Logo atau lambang lembaga atau perusahaan, organisasi
b. Nama lembaga
c. Alamat lembaga
d. Nomor telepon, teleks, faximile.
Khusus untuk surat perusahaan dapat ditambahkan macam usaha, bidang kegiatan, nomor izin usaha.
Fungsi kepala surat:
a. Mengetahui nama dan alamat kantor lembaga
b. Menginformasikan bidang usaha, jenis kegiatan
c. Alat promosi.


2) Nomor surat
Surat resmi yang mewakili suatu organisasi, lembaga atau perusahaan pada umumnya menggunakan nomor dan kode tertentu.
Penomoran surat itu berguna untuk:
a. Memudahkan pengaturan, baik untuk penyimpanan maupun penemuannya kembali apabila diperlukan
b. Mengetahui jumlah surat yang diterima dan yang dikeluarkan oleh organisasi, lembaga atau perusahaan
c. Memudahkan pengklasifikasian surat berdasarkan isinya
d. Penunjukkan secara akurat sumber dalam hubungan surat menyurat.
Secara umum rangkaian nomor surat terdiri atas nomor urut, kode, bulan, dan tahun pembuatan surat. Nomor urut menggunakan angka Arab, kode bervariasi, bulan dengan angka Romawi dan tahun ditulis utuh dan dapat
ditulis dua angka belakangnya saja. Penempatan nomor surat disesuaikan degan bentuk dan sistem penulisannya, yaitu:
a) Diletakkan disebelah kiri atas kertas untuk surat berperihal
b) Diletakkan dibawah judul untuk surat berjudul


3) Tanggal penulisan surat
Cara penulisan tanggal untuk surat pribadi atau yang berasal dari perorangan, tanggal sebaiknya didahului dengan penulisan alamat atau nama kota pengirim surat. Sedangkan untuk kertas berkepala tidak perlu mencantumkan alamat atau nama kota, karena hal itu sudah tercantum dalam kepala surat. Penulisan tanggal selalu diikuti dengan nama bulan dan tahun.
4) Lampiran yang disertakan
Pengiriman surat yang disertai lampiran dokumen disebut dalam isi surat. Penulisannya dibawah nomor surat disebutkan jumlah lembar, eksemplar atau cukup satu berkas. Penulisan jumlah ditulis dengan huruf kalau jumlah kurang dari sepuluh.
5) Hal atau perihal
Hal atau perihal berfungsi untuk memberi petunjuk kepada pembaca tentang pokok dalam surat. Hal atau perihal sama dengan judul pada surat berjudul. Beberapa hal teknik penulisan yang harus diperhatikan :
a. Hal atau perihal tidak ditulis dengan huruf kapital keseluruhannya, kecuali untuk judul surat berjudul
b. Hal ditulis dengan huruf kapital pada huruf pertama kata utamanya. Kata tugas ditulis dengan huruf kecil
c. Pada akhir perihal tidak menggunakan tanda titik karena perihal bukan kalimat
6) Alamat tujuan
Alamat tujuan terdapat dalam dua tempat. Pertama, ditulis disampul surat. Kedua, alamat yang ditulis pada lembar kertas surat. Alamat yang ditulis pada sampul biasanya harus lengkap. Sedangkan pada lembar kertas surat dapat tidak selengkap alamat yang tertulis pada sampul. Hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam penulisan alamat tujuan adalah:
a. Kata kepada tidak wajib dipakai, karena mengandung unsur kemubaziran
b. Ungkapan ”Yang terhormat” atau singkatannya ”Yth.” dipakai untuk :
1) Menghormati orang atau pihak yang dikirim surat. Misalnya atasan, teman, kolega atau relasi kerja.
2) Menghormati pihak yang dituju dalam kedudukannya sebagai pejabat suatu lembaga, organisasi atau perusahaan. Ungkapan ”Yang terhormat” atau ”Yth.” tidak perlu dipakai apabila alamat yang dituju tidak menyebutkan nama atau jabatan seseorang.
c. Sebutan ”Bapak”, ”Ibu”, atau ”Sdr.” hanya dipergunakan apabila diikuti nama orang. Kata-kata sebutan tersebut tidak perlu digunakan apabila pihak yang dituju adalah lembaga atau jabatan tertentu.
Contoh 1)
Yth. Direktur Astri Budi Luhur
Jalan Cileduk Raya, Petukangan Utara
Jakarta Selatan
Contoh 2)
Yth. Ibu H. Siti Aisyiah, S.H.
Wakil Ketua Pimpinan Pusat Aisyiah
Jalan Menteng Raya No. 62
Jakarta Pusat
Contoh 3)
PT Global Sarana Komputindo
Jalan Pemuda No. 55
Medan 15320
Sumatera Utara
d. Pada akhir setiap baris, termasuk baris terakhir tidak diperlukan tanda titik, kecuali apabila digunakan singkatan.
e. Tanda-tanda baca, seperti garis bawah, huruf kapital yang mencolok, yang tidak bermanfaat sebaiknya tidak digunakan.
f. Kode pos sangat dianjurkan untuk ditulis karena akan membantu petugas pos dalam mengirimkan surat tersebut (terutama bila dikirimkan melalui Perum Pos dan Giro).
7) Salam Pembuka
Salam pembuka berguna untuk menbuka pembicaraan dalam surat secara adab. Akan tetapi, surat yang tidak menggunakan salam pembuka pun tidaklah salah. Biasanya salam pembuka digunakan untuk surat-surat yang
berisi berita.
8) Isi Surat
Sebagaimana karangan yang lain, surat yang baik terdiri atas tiga bagian penting, yaitu bagian pembuka, bagian inti, dan bagian penutup
a. Bagian Pembuka
Bagian pembuka berguna sebagai pengantar bagi pembaca untuk segera mengetahui berita pokok yang akan disampaikan melalui surat tersebut. Dalam bagian pembuka sudah harus disebutkan inti masalah yang akan disampaikan kepada pihak yang dimaksud.
b. Bagian Inti
Bagian inti surat adalah bagian yang berisi maksud utama pengiriman surat. Kecuali surat pengantar, maksud utama pengiriman surat yang sudah disinggung pada bagian pembuka ditegaskan kembali atau dijelaskan lebih lanjut pada bagian inti.
c. Bagian Penutup
Bagian penutup merupakan penegasan, simpulan, harapan, atau ucapan terima kasih. Dengan demikian, bagian penutup menandai bahwa uraian pokok yang ingin disampaikan melalui surat sudah selesai. Bagian penutup hendaknya singkat, tegas, dan tidak perlu berbasa-basi secara berlebihan.
9) Salam Penutup
Salam penutup digunakan untuk menambah kesantunan dalam berkomunikasi. Walaupun salam penutup ini sangat baik digunakan, tetapi tidaklah berarti semua surat wajib menggunakan salam penutup. Salam penutup hanya digunakan dalam surat-surat berita.
10) Tanda Tangan dan Nama Penanggung Jawab
Dalam korespondensi Indonesia, penanda tangan surat adalah orang yang namanya tercantum dalam surat itu. Pencantuman nama seseorang dan hak untuk menandatanganinya tentu didasarkan atas kewenangannya dan jabatannya. Apabila penanda tangan surat itu diwakilkan kepada orang lain, maka harus disebutkan sebagai atas nama dan nama penanda tangan ditulis jelas di bawahnya. Tidak boleh nama yang tercantum lain dengan penandatangannya.
11) Tembusan
Tembusan digunakan bila ada pihak lain yang dianggap perlu mengetahui isi surat tersebut.

http://kanayasalitaareamuda.blogspot.com/2012/05/bagian-bagian-surat.htm

Rabu, 05 Juni 2013

Berwirausaha Sejak Muda

Ayo Berwirausaha Sejak Muda !

Nama Kelompok : 
1. Ahmad Budi         (10210357)
2. Ineu Maelani      (13210547)
Wirausahawan di Indonesia saat ini menurut saya belum  terlalu banyak jumlahnya. Kebanyakan beranggapan bahwa berwirausaha itu sulit, harus tahan banting, kerja keras, dan harus mempunyai tekad baja, serta modal tentunya. Oleh karena itu kebanyakan masyarakat Indonesia menjadi karyawan di suatu perusahaan. Sebenarnya berwirausaha tidak harus dimulai dengan modal yang besar, dengan usaha kecil-kecilan pun jika serius dan konsisten lama kelamaan akan berkembang dan dapat dijadikan sebuah mata pencaharian (pekerjaan). Misal saya sebagai seorang mahasiswa jika ingin mencoba berwirausaha bisa mencoba untuk berjual pulsa. Hanya bermodal handphone yang notabene hampir semua orang memiliknya dan deposit minimal Rp 100.000 kita sudah bisa untuk bisnis pulsa.  Yang nantinya bisa ditawarkan pertama pada teman-teman sekelas kita dan lama-kelamaan dari mulut ke mulut bisnis pulsa kita di ketahui oleh kelas lain dan seiring berjalannya waktu seisi kampus mengetahui bahwa kita jual pulsa. Bayangkan penghasilan yang kita dapatkan ? Wah pasti lumayan buat uang jajan hehehe….
Dibawah ini merupakan  5 Tips Sukses Berwirausaha yang diambil dari berbagai sumber  semoga bermanfaat buat sobat muda

1. Memilih usaha yang tepat. 
Dalam membuka usaha, Anda harus bisa memperkirakan usaha apa yang tepat untuk daerah di sekitar Anda. Caranya, kenali kebutuhan di sekitar Anda lewat banyak bertanya dan nguping, lalu jejaki apakah Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan harga bersaing. Misalnya, jika ada banyak kantor di sekitar tempat usaha Anda yang membutuhkan katering, Anda bisa membuka bisnis katering.

2. Pelayanan ramah. 
Jika Anda memutuskan untuk membuka usaha dibidang jasa atau jualan, maka prioritaskan pelayanan yang baik. Apalagi jika usaha kamu ini baru dimulai, menciptakan kesan yang ramah menjadi hal yang penting. Pelayanan yang ramah kepada konsumen akan mendorong konsumen menjadi langganan tetap untuk usaha Anda.

3. Persiapkan modal cadangan. 
Setelah Anda mendirikan usaha, sebaiknya sisakan modal untuk menjadi modal cadangan. Biasanya usaha yang baru berdiri tidak banyak dikenal orang sehingga masih sedikit orang yang akan datang ke tempat usaha Anda. Jadi meski usaha Anda sepi, usaha Anda akan tetap bisa berjalan dengan menggunakan modal cadangan itu.

4. Promosi. 
Agar usaha Anda cepat maju dan banyak dikenal orang. Sebaiknya promosikan usaha Anda dengan baik. Misalnya, bisa menggunakan selebaran, pasang iklan di koran atau bahkan iklan di televisi.

5. Jangan mudah menyerah. 
Menjalankan suatu usaha tidak akan semudah membalik telapak tangan. Musibah atau cobaan tentu akan selalu ada. Karenanya diperlukan mental yang kuat dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah. Tetaplah berpikir positif dan yakin bahwa usaha yang Anda jalankan pasti berhasil.

Itu merupakan contoh kecil yang membuktikan bahwa sebenarnya berwirausaha tidak lah sulit. Sulit jika tidak dicoba. Ada pepatah yang mengatakan “jika kita bergaul dengan tukang minyak wangi kita akan tertular wanginya” nah  jika kita ingin  menjadi wirausahawan  bergaullah dengan wirausahawan, sharing pengalaman darinya minta lah pendapat buat usaha kita. Bisa juga membaca buku-buku tentang motivasi untuk berwirausaha, ikuti seminar tentang wirausaha itu semua akan menambah wawasan dan menambah semangat kita untuk berwirausaha. Apalagi umur kita masih muda, masih banyak kesempatan dan masih banyak hal-hal baru yang bisa kita coba.. Selain itu dengan berwirausaha kita akan dikenal dan mepunyai banyak relasi. Seperti diketahui relasi yang banyak merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam berwirausaha. Sukses di usia muda itu bisa kita raih dan kebutuhan finansialpun akan kita dapatkan. Jadi siapa yang ingin sukses di usia muda ? Berwirausaha jawabannya    
                            

Sumber :http://bloggerinspiratif.blogspot.com/2012/05/5-tips-sukses     berwirausaha.html

Minggu, 21 April 2013

12 CARA MENGATASI STRESS



Stress adalah perasan yang tidak karuhan atas apa yang dialami oleh sesorang. Mungkin karena banyaknya masalah, baik di keluaraga, lingkungan ataupun kantor yang membuat seseorang mengalami stress.  Mulai dari kecil sampai dewasa pun pasti pernah mengalami "Stress". Hanya saja stress anak - anak tidak akan terlalu parah jika dibandingkan dengan orang dewasa karena mempunyai banyak pekerjaan. Sedangkan anak - anak biasanya menghilangkan stress dengan bermain.  Jangan sampai stress membuat kita melakukan hal-hal yang negative.
Untuk itu disini akan saya berikan 12 tips untuk mengatasi stress yaitu :

1. Tarik Nafas Panjang
Stress dapat membuat kita bernafas pendek. Hal ini sebenarnya akan dapat meningkatkan stres itu sendiri. Cobalah untuk bersantai sejenak dan bernafas lebih perlahan. Tarik nafas panjang dari hidung dan keluarkan dari mulut.

2. Bicarakan dengan orang lain.
Ketika stress sebaiknya kita ekspresikan perasaan kita. Semakin kita menyimpannya maka semakin tinggi stres yang kita rasakan. Mungkin teman, anggota keluarga, atau guru dapat membantu kita melihat masalah dari sisi lain. Berbicara dengan orang lain dapat mencerahkan pikiran kita dan fokus pada pemecahan masalah. Meminta bantuan ketika masalah muncul, akan menghindari berkembangnya masalah yang lebih serius. Menulis pikiran dan perasaan dalam buku diari juga dapat memperjelas situasi dan memberikan cara pandangan baru pada masalah kita.

3. Berlibur "satu menit"
Ciptakan situasi yang tenang di pikiran kita adalah hal yang baik  untuk meringankan stres. Kita tidak bisa selalu lari dari masalah, tapi kita boleh bermimpi. Pejamkan mata dan bayangkan suatu tempat tenang yang dapat membuat kita merasa tenang dan santai.

4. Perhatikan kenyamanan fisik.
Kita perlu memastikan bahwa kita memang nyaman dengan situasi sekeliling termasuk secara fisik. Menggunakan pakaian yang nyaman adalah hal yang paling mudah dapat dilakukan.

5. Merawat Tubuh.
Makan - makanan sehat dan tidur cukup akan memberikan energi pada pikiran dan tubuh kita. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi kafein ( kopi dan teh ) dan gula. Tubuh yang sehat akan lebih mudah menangani stres.

6. Berolahraga.
Berolahraga akan membantu melancarkan peredaran darah dan juga bisa menjadi sarana untuk melupakan sejenak masalah yang sedang kita hadapi. Aktivitas fisik dapat meringankan dan mencegah stres. Coba olahraga yang memang kita sukai dan siapkan waktu teratur untuk melakukannya. Berlari, jogging bahkan menari bisa dilakukan dimana saja. Berkebun, bermain dengan anak kecil juga dapat menghilangkan stress.

7. Tertawa
Untuk mencegah dan meringankan stres, kita perlu mempertahankan selera humor kita, termasuk bisa menertawai diri sendiri. Kita bisa berbagi cerita lucu dengan teman - teman untuk menghibur diri.

8. Atur waktu
Rencanakan lebih jauh dan buat jadwal yang realistis untuk diri sendiri dan termasuk juga waktu untuk kegiatan mengurangi stres. Jika kita ingin mengerjakan banyak hal dalam waktu yang sama akan menjadi beban bagi diri kita sendiri. Sebaiknya buat daftar hal - hal yang harus dikerjakan kemudian tandai satu persatu yang telah diselesaikan. Buat prioritas yang paling penting untuk dikerjakan terlebih dahulu.

9. Ketahui Batas diri
Ketika dihadapkan dengan situasi yang menekan, terkadang kita perlu bertanya pada diri sendiri apakah ini memang masalah kita atau tidak? Jika tidak, maka tinggalkanlah masalah itu, jangan campuri urusan orang lain. Ada beberapa hal yang memang di luar kendali kita. Jika menemukan hal ini terima saja dulu dan kemudian perlahan kita bisa berusaha untuk menemukan waktu yang tepat untuk mengubahnya.

10. Menyadari bahwa kita tidak perlu selalu benar.
Ketika terjadi sesuatu hal yang tidak sesuai dengan cara kita maka kita bisa bekerja sama atau berkompromi, hindarkan konfrontasi. Dengan konfrontasi hanya akan meningkatkan ketegangan dan semua orang menjadi nyaman.

11. Menangis adalah hal yang wajar.
Pada usia berapa pun adalah hal yang normal untuk menangis. Menangis ketika stres dapat meringankan beban yang kita rasakan, dan juga dapat mencegah sakit kepala atau konsekuensi fisik lainnya. Harus diingat bahwa hendaknya bukan menangis yang berlebihan atau pada setiap sesuatu yang dialami.

12. Cari hal yang positif di sekitar kita.
Jangan terpaku pada kelemahan kita. Kumpulkanlah hal - hal yang positif dari diri kita dan berbahagialah dengan kelebihan kita tersebut. (jangan terlalu bangga)



Sumber : http://falah-kharisma.blogspot.com/2013/03/12-cara-menghilangkan-stress.html

BERSIKAP ILMIAH



BERSIKAP ILMIAH

Sikap ilmiah merupakan sikap yang harus ada pada diri seorang ilmuwan atau akademisi ketika menghadapi persoalan-persoalan ilmiah. Sikap ilmiah ini perlu dibiasakan dalam berbagai forum ilmiah, misalnya dalam diskusi, seminar, loka karya, dan penulisan karya ilmiah

Sikap-sikap ilmiah yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1) Sikap Ingin Tahu
Sikap ingin tahu ini terlihat pada kebiasaan bertanya tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bidang kajiannya. Contohnya : “Mengapa demikian? Bagaimana caranya? Apa saja unsur-unsurnya? Dan seterusnya”.

2) Sikap Kritis
Sikap kritis terlihat pada kebiasaan mencari informasi sebanyak mungkin berkaitan dengan bidang kajiannya untuk dibanding-banding kelebihan-kekurangannya, kecocokan-tidaknya, kebenaran-tidaknya, dan sebagainya.

3) Sikap Terbuka
Sikap terbuka dapat dilihat pada kebiasaan mau mendengarkan pendapat, argumentasi, kritik, dan keterangan orang lain, walaupun pada akhirnya pendapat, argumentasi, kritik, dan keterangan orang lain tersebut tidak diterima karena tidak sepaham atau tidak sesuai.

4) Sikap Objektif
Sikap objektif terlihat pada kebiasaan menyatakan apa adanya, tanpa diikuti perasaan pribadi.

5) Sikap Rela Menghargai Karya Orang Lain
Sikap menghargai karya orang lain ini terlihat pada kebiasaan menyebutkan sumber secara jelas sekiranya pernyataan atau pendapat yang disampaikan memang berasal dari pernyataan atau pendapat orang lain.

6) Sikap Berani Mempertahankan Kebenaran
Sikap ini menampak pada ketegaran membela fakta dan hasil temuan lapangan atau pengembangan walapun bertentangan atau tidak sesuai dengan teori atau dalil yang ada.

7) Sikap Menjangkau ke Depan
Sikap ini dibuktikan dengan selalu ingin membuktikan hipotesis yang disusunnya demi pengembangan bidang ilmunya.

Sikap-sikap ilmiah yang dijelaskan diatas, kiranya juga harus ada pada diri Anda ketika menyusun karya ilmiah. Kebiasaan-kebiasaan yang bertentangan dengan sikap ilmiah harus Anda buang jauh-jauh, misalnya sikap menonjolkan diri dan tidak menghargai pendapat orang lain, sikap ragu dan mudah putus asa, sikap skeptis dan tak acuh terhadap masalah yang dihadapi.

“Scientist” atau ilmuwan mempelajari gejala-gejala alam melalui observasi, eksperimentasi dan analisis yang rasional. Ia menggunakan sikap-sikap tertentu (Scientific attitudes). Sikap-sikap tersebut antara lain :

a. Jujur
Seorang ilmuwan wajib melaporakan hasil pengamatan  secara objektif. Dalam kehidupan sehari-hari mungkin saja ia tidak jujur dari manusia lain, tetapi dalam hal penelitian ia harus sejujur-jujurnya dalam melaporkan
penelitiannya.

b. Terbuka
Seorang ilmuwan mempunyai pandangan luas, terbuka dan bebas dari  praduga. Ia tidak akan meremehkan suatu gagasan baru. Ia akan menghargai  setiap gagasan baru dan mengujinya sebelum menerima/ menolaknya. Jadi ia terbuka akan pendapat orang lain.

c. Toleran
Seorang ilmuwan tidak merasa bahwa ia paling hebat. Ia bersedia mengakui bahwa orang lain mungkin mempunyai pengetahuan yang lebih luas, atau mungkin saja pendapatnya bisa salah. Dalam belajar  menambah ilmu pengetahuan ia bersedia belajar dari orang lain, membandingkan pendapatnya dengan pendapat orang lain, serta tidak memaksakan suatu pendapat kepada orang lain.

d. Skeptis
Ilmuwan dalam mencari kebenaran akan bersikap hati-hati, meragui, dan skeptis. Ia akan menyalidiki bukti-bukti yang melatarbelakangi suatu kesimpulan. Ia akan bersikap kritis untuk memperoleh data yang menjadi
dasar suatu kesimpulan tanpa didukung bukti-bukti yang kuat.

e. Optimis
Seorang ilmuwa selalu berpengharapan baik. Ia tidak akan berkata bahwa sesuatu itu tidak dapatdikerjakan, tetapi akan mengatakan “ Berikan saya kesempatan untuk memikirkan dan mencoba mengerjakan “.

f. Pemberani
Ilmuwan sebagai pencari kebenaran harus berani melawan semua kesalahan, penipuan, kepura-puraan, kemunafikan dan kebatilan yang akan menghambat kemajuan.



Sumber : http://menulisbukuilmiah.blogspot.com/2008/10/karya-tulis-ilmiah-ciri-dan-sikap.html
                 http://dara9.files.wordpress.com/2008/05/sikap-ilmiah.pdf

Sabtu, 30 Maret 2013

Trend Smartphone di Kalangan Mahasiswa


PENDAHULUAN
Penggunaan gadget di kalangan mahasiswa memang menjadi trend dewasa ini. Contohnya Smartphone (Blackberry, Android dan Iphone)  yang rata-rata kalangan mahasiswa menggunakannya. Karena memang fitur di smartphone jauh lebih baik dibanding handphone biasa. Banyak fitur dan aplikasi di dalam smartphone yang dapat membantu mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan. Tapi apakah keberadaan smartphone itu memang perlu untuk mahasiswa atau tidak ?
PEMBAHASAN
Penting atau tidaknya smartphone bagi mahasiswa itu kembali kepada pribadi mahasiswa itu sendiri. Ada yang merasa komunikasi menjadi lebih lancar jika lewat smartphone. Ada juga yang cukup komunikasi lewat telepon dan sms di handphone biasa.  Saya pribadi sebagai seorang mahasiswa memang perlu adanya smartphone. Karena fitur yang ditwarkan di smartphone jauh lebih baik dibandingkan handphone biasa.  Mahasiswa yang menngunakan smartphone menurut saya itu baik. Karena sebagai seorang mahasiswa kebutuhan akan informasi terbaru yang sedang terjadi di sekitar akan lebih cepat dan mudah kita dapatkan di internet melalui smartphone.  Selain itu banyaknya aplikasi yang bisa kita download dan kita gunakan di smartphone menjadi alasan mengapa smartphone lebih di unggulkan dibanding handphone biasa. Banyak yang bisa kita lakukan sebagai mahasiswa untuk menunjang kegiatan perkuliahan kita di kampus lewat aplikasi aplikasi yang ada di smartphone.  Selain itu harga smartphone sekarang pun tidak lagi mahal yang membuat trend pemakaian smartphone di mahasiswa meningkat. Yang membuat mahasiswa semakin mudah untuk mendapatkan smartpone.
KESIMPULAN
Seberapa pentingnya smartphone bagi mahasiswa sebenarnya tergantung kepada mahasiswa itu sendiri. Harga yang bervariatif dari yang murah sampai yang mahal pun sekarang sudah banyak di pasaran. Tinggal dari mahasiswa itu sendiri menginginkan smartphone yang pas untuk kebutuhannya.